Meme desainer UI/UX dan kesehariannya

Ada pertanyaan yang sangat menggelitik di Quora: Jika UI/UX hanya perlu mendesain dan membuat alur kerja suatu aplikasi atau website, lalu apa susahnya menjadi desainer UI/UX? Saya mencoba menjelaskannya menggunakan meme desainer dan kesehariannya.

Meme of trying to explain UX to anyone that isn't tech savvy

Kalau kerjaan desainer UI/UX cuma mendesain dan membuat alur kerja, itu soal gampang*.

Pada umumnya keseharian desainer UI/UX adalah sebagai berikut:

Membuat userflow.

Membuatnya sih mudah, cuma sambung-sambungkan garis saja. Kenapa membuatnya itu yang susah.

Kenapa dari layar A harus ke B, kenapa tidak ke C? Kenapa harus A ke C, kenapa tidak semuanya ada di layar A saja jadi tidak pindah-pindah layar?

Membuat userflow membutuhkan pengetahuan soal: tujuan bisnis, kemampuan teknologi, dan kebutuhan pengguna. Dalam kata lain, seorang UI/UX Designer selain belajar seni dan desain juga harus belajar/mengerti:

  1. Bisnis,
  2. Teknologi, dan
  3. Psikologi, statistik, dsb.

Tidak perlu sampai Ph.D, cukup mengetahui kenapa harus ini itu.

Membuat wireframe.

Lalu, setelah itu membuat wireframe agar userflow-nya memiliki wujud. Membuatnya juga mudah walau kadang ada yang mengganggu.

Meme of misaligned button by 1 pixel

Kenapanya yang susah. Mempresentasikannya juga sama susahnya.

Kenapa harus pakai pola A, kenapa tidak B. Kenapa susunan kartunya masonry, kenapa tidak list. Kenapa tombolnya di kanan, kenapa tidak di kiri. Kenapa sidebar di kanan? Kenapa sidebar di kiri? Masih banyak lainnya.

Lalu wireframe ini harus dipresentasikan ke tim, bos, dan/atau klien.

Desainer sudah membayangkan presentasinya akan seperti apa..

Meme of a designer rehearsing their presentation

Tapi ternyata..

Meme of client confused of a wireframe

Biasanya orang yang di luar tim tidak mengerti apa itu userflow dan wireframe dan bertanya, “kok item putih,” dan mereka akan berkata ini:

Meme of designers protesting stakeholders
Meme of going straight to visual design

Yang juga sering terjadi adalah permintaan-permintaan dari stakeholder/klien untuk desainnya.

Membuat visual (mockup dsb)

Bagian ini juga mudah, ada banyak aset dan alat yang memudahkan. Yang susah adalah, lagi-lagi, kenapanya.

Kenapa harus mengikuti tren? Kenapa tidak harus mengikuti tren? Kenapa birunya lebih terang 2%? Kenapa birunya lebih gelap 2%? Kenapa tombolnya lebih besar 2 pixel?

Lalu yang susah lagi adalah memakai perangkat lunaknya.

Meme of trying to align elements in design software

Juga saat bekerja sama dengan desainer lain.

Meme of Marie Kondo-ing the layers in design software

Atau saat mereka meminta 1.891.983.250.120 alternatif desain yang berbeda.

Meme of stakeholder asking for 6 more alternatives

Testing

Melakukan testing ini mudah, cukup undang orang datang ke kantor lalu sodori layar yang mau dites. Yang sulit itu kenapa melakukannya, apa alasannya, apa yang mau dicari tahu, apa tindak lanjut dari penemuan tes, dan sebagainya.

Kadang perusahaan/klien malas melakukan testing. Alasannya banyak, mulai dari tidak ada waktu hingga tidak ada uang. Meyakinkan mereka untuk melakukannya sudah merupakan perjuangan tersendiri.

Meme of designer angry of no user testing in the process

Lalu kalau berhasil meyakinkan untuk melakukan testing, jika tesnya tidak dirancang dengan baik, asal saja, bahkan pertanyaannya juga asal-asalan, ya sia-sia saja sesinya.

Meme of user knowing nothing during user testing

Tapi kalau testing ini dibuat dengan baik …

Ya tidak juga sih, kadang mereka melawan dengan pernyataan macam ini.

Meme of stakeholder saying "we know our audience"

Lalu ada juga soal lainnya.

Misalnya, UX itu harusnya menjadi bagian yang sama pentingnya dengan bisnis dan teknologi.

Meme of designer irritated by no design process in the sprint plan

Kalau UX tidak disertakan dalam perencanaan sejak awal…

Meme of gigantic page size comparing to user internet speeds

… biasanya akan ada banyak masalah.

Padahal dalam proses yang baik desainer memulai jauh lebih awal dari developer/engineer

Meme of a designer trying to stay ahead of developers in a two-week sprint

… dan meyakinkan orang-orang kalau UX itu diperlukan sejak awal juga perjuangan.

Meme of asking design to be done by the end of the day
Meme of designer growing tough after series of meetings

Desainer juga sering diminta membuat dokumentasi komprehensif mengenai hasil kerjanya, tapi ujung-ujungnya …

Meme of designer handovering the style guide to the developers that won't even use it

Penutup

*) Memang, mendesain dan membuat alur kerja suatu aplikasi atau situs web itu mudah kok. Tidak perlu menjadi desainer untuk melakukannya, tinggal pakai banyak tool yang tersedia di world wild web. Yang sulit adalah hal-hal yang tidak terlihat di belakangnya.

Meme of a cat trying to get inside a broken door

Catatan: Artikel Meme Desainer UI/UX ini adalah saduran jawaban saya di Quora. Saya akan menulis ulang jawaban yang saya suka di Quora ke dalam blog saya.

11 people recommended this post

Related posts