Cara efektif menggunakan LinkedIn

6 November 2019 · Career

Trik ini sudah saya lakukan sejak dulu sehingga saya bisa dengan mudahnya selalu mendapat tawaran pekerjaan dari LinkedIn.

Membuat profil LinkedIn saja tidak cukup. Mengisi semua kolom juga tidak menjamin ada orang yang melihatnya. Agar profil saya bisa ditemukan orang dengan mudah, maka saya harus memperluas jaringan saya.

Di LinkedIn sendiri ada beberapa jenis koneksi:

  • 1st degree: Orang-orang yang sudah terhubung langsung. Kita bisa langsung mengirimkan pesan.
  • 2nd degree: Koneksi yang terhubung melalui 1st degree. Kita bisa langsung mengirimkan permintaan koneksi.
  • 3rd degree: Koneksi yang terhubung melalui 2nd degree. Info yang ditampilkan dibatasi setelan privasi tiap pengguna. Permintaan koneksi maupun pengiriman pesan juga terbatas.
  • Sesama anggota grup: Koneksi yang mengikuti grup yang sama.
  • LinkedIn Member (Out of Network): Pengguna LinkedIn yang tidak masuk kategori di atas.

Dengan pembagian koneksi seperti ini, besarnya jaringan yang dimiliki mempengaruhi hasil pencarian. Saya bisa dengan mudahnya menerima tawaran pekerjaan karena jumlah jaringan saya (gabungan 1st2nd, dan 3rd degree) sebanyak ini:

Ya, jaringan saya sebesar 800 ribu koneksi 1st2nd, dan 3rd degree. Dengan kata lain, sebanyak 800 ribu orang bisa menemukan profil saya.

Bagaimana saya melakukannya?

  1. Investasikan waktu untuk “bermain” LinkedIn. Bisa 30 menit sehari, bisa 30 menit seminggu. Bebas.
  2. Cari orang-orang yang bekerja sebagai rekruter, HRD, atau headhunter karena biasanya jaringan mereka juga besar. Tambahkan mereka sebagai koneksi 1st.
  3. Cari orang-orang yang menjadi manajemen atas sebuah perusahaan. Biasanya jaringan mereka juga sama besarnya. Tambahkan juga sebagai koneksi.
  4. Usahakan nomor 2 dan 3 sesuai dengan industri yang diminati/ditekuni supaya kualitas koneksi Anda sesuai bidang Anda.
  5. Setelah koneksi 1st Anda sudah banyak, akan banyak pula orang yang mengirimkan permintaan menambah koneksi ke Anda. Saya sendiri bisa menerima 20an permintaan sehari.

Ingat, tidak ada hasil instan. Kredensial tetap harus dijaga. Saya bisa mendapat banyak tawaran pekerjaan karena nasib yang membawa saya bekerja di GOJEK atau IBM. Nama besar keduanya menambah kredensial saya. Jumlah jaringan hanya memperbesar peluang saya mendapat tawaran pekerjaan.


Catatan: Ini adalah salinan jawaban saya di Quora. Saya akan menulis ulang jawaban yang saya suka di Quora ke dalam blog saya.


Have any questions or comments about this post? Contact me using the form on this page or on Instagram at @RifatNajmi.